Bakteri yoghurt, benarkah bermanfaat?

Image

Yoghurt atau susu asam merupakan minuman yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Minuman hasil fermentasi susu ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan adanya “bakteri baik” yang terkandung didalamnya dan biasa disebut probiotik. Bakteri apa yang sebenarnya terdapat di dalam yoghurt? Dan manfaat apa yang diberikan oleh bakteri tersebut bagi tubuh kita?

Yoghurt adalah susu asam yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Dalam pembuatan yoghurt bisa menggunakan susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produksi yoghurt saat ini didominasi oleh susu sapi. Yoghurt diperoleh dari fermentasi asam laktat melalui aktivitas bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, dimana mikroorganisme ini dalam produk akhirnya harus hidup aktif dan berlimpah.

Bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus yang terdapat dalam yoghurt akan menguraikan laktosa (gula susu) menjadi asam laktat serta dapat menimbulkan berbagai komponen aroma dan cita rasa. Lactobacillus bulgaricus berperan pada pembentukan aroma, sedangkan Streptococcus thermophilus lebih berperan pada pembentukan cita rasa. Kerja bakteri asam laktat dalam memfermentasikan susu ini ternyata dapat  meningkatkan kandungan gizi yoghurt khususnya vitamin B-kompleks, di antaranya vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6 (piridoksin), asam folat, asam pantotenat, biotin dsb.

Oleh karena itulah yoghurt memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita, diantaranya:

1.      Memproduksi antibiotik dalam melawan virus dan jamur

Lactobacillus bulgaricus merupakan bakteri yang mampu menghasilkan zat antibiotika yang disebut bulgarikan. Zat ini berbeda dengan antibiotik yang biasa kita kenal. Antibiotik ini kerjanya lebih spesifik pada mikroorganisme yang merugikan saja sehingga berefek menguntungkan bagi kita. Berbeda dengan antibiotik biasa, yang umumnya bekerja menyapu bersih segala jenis mikroorganisme. Bakteri merugikan yang dihambat antara lain Staphylococcus aureus, Shigella dysentriae (penyebab disentri), Salmonella typhii (penyebab tipus), Clostridium botulinum (penyebab botulinum, yaitu keracunan makanan kaleng).

2.      Mencegah timbulnya yeast Candida albicans

Candida albicans merupakan sejenis jamur yang menyebabkan penyakit vaginitis pada wanita. Vaginitis merupakan penyakit kelamin yang menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kemaluan wanita. Dengan mengkonsumsi yoghurt dan minuman probiotik, pertumbuhan jamur Candida ini mampu dikendalikan.

3.      Mencegah Osteoporosis

Yoghurt dapat menghasilkan asam laktat yang mampu memproduksi metabolit yang berhubungan dengan penyerapan kalsium dan fosfor. Selain itu, yoghurt juga membantu produksi vitamin K pada tubuh yang berperan penting dalam metabolisme tulang. Sehingga yoghurt dapat membantu dalam mencegah osteoporosis.

4.      Membantu proses pencernaan laktosa

Yoghurt dan minuman fermentasi lainnya lebih mudah dicerna dari pada susu tanpa fermentasi. Karena laktosa yang terdapat pada yoghurt sudah dipecah oleh “bakteri baik” yang terdapat didalamnya. Sehingga yoghurt bisa menjadi alternatif bagi penderita laktose intolerance (ketidakmampuan mencerna laktosa pada susu).

5.      Membantu mencegah kanker dan tumor

Beberapa jenis bakteri Lactobacillus seperti Lactobacillus bulgaricus telah menunjukan adanya efek antitumor. Selain itu, yoghurt bisa memecah nitrosamin, yaitu zat yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker). Bakteri pada yoghurt juga dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asam folat dan seng yang terkandung didalam yoghurt pun dapat mencegah kanker rahim dan kanker prostat.

6.      Membantu melancarkan pencernaan

Yoghurt dapat membantu melancarkan pencernaan serta menjaga tubuh tetap fit. Karena, probiotik (jenis bakteri yang menguntungkan) yang terkandung didalam yoghurt akan menyeimbangkan mikroflora dalam usus.

7.      Menurunkan kolesterol darah dan menstabilkan tekanan darah

Dalam proses fermentasi, bakteri yoghurt menghasilkan zat Anticholesteremic Milk Factor yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit degeneratif. Bakteri asam laktat dapat mendegradasi kolesterol  menjadi coprostanol, sehingga dapat menghindari resiko penyakit jantung koroner. Peptida yang dihasilkan dari pemecahan protein susu membentuk tripeptida yang berfungsi menghambat peningkatan tekanan darah.

8.      Menjaga kesehatan dan kecantik kulit

Yoghurt plain (tanpa rasa) dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah. Masker wajah dari yoghurt ini bermanfaat untuk merevitalisasi sel-sel kulit mati, meremajakan kulit kusam, dan membantu menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tampak lebih halus, mulus dan sehat.

9.      Menjaga kesehatan rongga mulut

Enzim laktoperoksidase yang terkandung dalam yoghurt memiliki aktivitas antimikroba dan biasa digunakan sebagai anti karies dalam pasta gigi.  Mengkonsumsi yoghurt secara rutin dapat memperbaiki kebersihan mulut dari bakteri yang melapisi permukaan lidah dan mencegah halitosis (bau mulut), dan juga dapat mengurangi kemungkinan akumulasi plak.

Referensi:

  1. http://klubnova.tabloidnova.com/KlubNova/Artikel/Aneka-Tips/Tips-Sehat/ANEKA-KHASIAT-YOGHURT
  2. http://bisnis-jabar.com/index.php/berita/ini-dia-10-manfaat-yoghurt-bagi-kesehatan
  3. http://www.info-asik.com/2012/11/manfaat-yoghurt.html#ixzz2CjqQl56i

116 thoughts on “Bakteri yoghurt, benarkah bermanfaat?

  1. yoghurt itu selain enak juga bayak manfaatnya ya.. dari sumber yang baca salah satu jenis yoghurt bermanfaat adalah soyoghurt yaitu yoghurt yang berasal dari susu kedelai,
    soyghurt juga berfungsi untuk menurunkan kolestrol karena bakteri asam laktat yang ada dalam soyghurt dapat mendegradasi kolesterol menjadi coprostanol. Coprostanol ini merupakan zat yang tak dapat diserap oleh usus. Berkat yoghurt, coprostanol dan sisa kolesterol dikeluarkan bersama-sama tinja. Dengan kata lain, jumlah kolesterol yang diserap tubuh pun jadi rendah. Sebuah laporan mengenai hal ini memaparkan bahwa penurunan kolesterol oleh bakteri Lactobacillus dapat mencapai kisaran 27-38 persen dan dapat membantu proses pencernaan juga.
    Sumber:

    http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/22196/3/Chapter%20II.pdf

    http://keluargasehat.wordpress.com/category/yoghurt/

    mau tanya ya de, oh iya apakah ada bahayanya jika minum yoghurt dalam keadaan perut sedang kosong?

    • iya ka, soy yoghurt memang merupakan salah satu jenis yoghurt yang mempunyai kandungan gizi yang banyak pula, bukan saja soy yoghurt yang berfungsi menurunkan kolestrol tapi semua jenis yoghurt juga bisa ka, karena yoghurtkan memang mengandung bakteri asam laktat yang dapat mendegradasi kolesterol menjadi coprostenol. untuk bahaya atau tidak meminum yoghurt pada saat perut kosong sebenarnya tidak ka, yoghurt itu bisa dikonsumsi dalam keadaan perut kosong (sebelum makan) atau pun sesudah makan. karena,Bila dilihat dari waktu aktivasi untuk sistem pencernaan, ada pendapat bahwa waktu terbaik mengkonsumsi yogurt adalah sebelum makan (pagi, siang, atau malam). Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi yogurt, maka sistem pencernaan kita teraktivasi oleh probiotik dalam yogurt tersebut yang membuat penyerapan nutrisi semakin baik. Dengan penyerapan nutrisi yang baik, maka nutrisi dari makanan yang kita konsumsi akan bisa terserap lebih baik (http://www.activia.co.id/lifestyle-40).
      Meskipun begitu, ada beberapa orang yang harus menghindari mengkonsumsi yoghurt saat perut kosong, misalnya orang yang menderita tukak lambung, kadar asam lambungnya yang berlebihan, dan penyakit perut lainnya. Begitu juga orang-orang yang mudah sakit perut gara-gara hawa dingin sebaiknya tidak minum yoghurt yang terlalu dingin atau yang baru dikeluarkan dari kulkas. Lebih baik yoghurt dibiarkan dalam suhu ruangan selama 30 menit baru dinikmati (http://indonesian.cri.cn/1/2006/11/01/1@52794.htm).

  2. dari penjelasannya banyak manfaat yang didapat, apakah proses atau bentuk yoghurt itu mempengaruhi dari manfaatnya, misalnya apakah yoghurt itu dibekukan, disajikan ke makanan, atau semua nya sama saja untuk pengonsumsiannya?

    • sebenarnya itu cukup mempengaruhi ra karena seperti yang saya baca dalam http://www.vemale.com/kesehatan/14393-benarkah-yogurt-bisa-bikin-gemuk.html bahwa Menurut para ahli, seperti dilansir oleh indiatimes, yogurt yang sudah diolah kandungan gizinya kurang. Pada saat memasak, bakteri baik yang ada di dalam yogurt jumlahnya berkurang karena mati. Sehingga memang khasiatnya tak sebaik saat dimakan biasa.
      jadi kalo tiara takut kandungan gizinya berkurang kalo udah dimasakn gitu, maka muti sarankan tiara beli aja yang memang sudah ada rasanya seperti rasa strawberry, anggur dll.

      • kemudian langsung dikonsumsi? tapi apakah tidak berbahaya jika membeli yoghurt dan langsung dimakan? apakah tidak terkontaminasi dengan bakteri lainnya yang ada di yoghurt? sedangkan di supermaket saja tidak menjamin kualitas dari barang tersebut tidak ada bakteri yang terdapat pada barang tersebut? bagaimana tanggapan anda?

  3. memang banyak sekali manfaat yang bisa diberikan oleh yogurt ini untuk tubuh kita karena peranan dari bakteri baik yang terkandung dldalamnya. Saat Lactobacillus bulgaricus dan S. thermophilus tumbuh di usus , maka mereka akan menciptakan keadaan asam yang menghambat bakteri lain,sedangkan bakteri yang seharusnya bermanfaat didalam tubuh akan dirangsang untuk tumbuh (http://lordbroken.wordpress.com/2012/06/18/proses-pembuatan-yogurt-yang-baik-dan-benar/) oh iya, mut. saya penasaran dengan manfaatnya yang bisa Menurunkan kolesterol darah dan menstabilkan tekanan darah, apakah hal itu benar? adakah penelitian yang telah meneliti hal ini? minta linknya mut, butuh buat my mother :D

    • jadi gini mel dari beberapa penelitian yang dilakukan terhadap hewan dan manusia dilaporkan bahwa mengkonsumsi yoghurt yang teratur akan membantu menormalkan dan menurunkan kolesterol darah. Karena dalam yoghurt terkandung asam orotat yang mampu bersaing dengan kolesterol dari makanan dalam pembentukan kolesterol di dalam hati, sehingga produksi kolesterol tetap normal. ini linknya http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2012/04/16/769/Yoghurt-Turunkan-Kolesterol-dan-Cegah-Kanker
      terus Dalam satu penelitian yang diikuti oleh lebih dari 5.000 lulusan universitas di Spanyol, selama lebih dari dua tahun, menemukan hubungan antara asupan produk susu dengan resiko tekanan darah tinggi.

      “Kami mengamati pengurangan resiko pengembangan tekanan darah tinggi sebanyak 50% para orang-orang yang makan 2-3 sajian produk susu rendah lemak per hari (atau lebih), dibanding mereka yang sama sekali tidak mengkonsumsinya,” kata Alvaro Alonso, MD, PhD, salah seorang peneliti dalam bidang epidemiology di Harvard School of Public Health.

      Meski produk susu yang dikonsumsi oleh peserta penelitian tersebut umumnya adalah susu, namun Alvaro percaya bahwa yogurt rendah lemak sepertinya akan memberikan efek yang sama.

      Para peneliti dari Belanda baru-baru ini melaporkan bahwa konsumsi produk susu yang lebih tinggi (terutama susu dan yogurt) itu berhubungan dengan menurunnya tekanan darah pada 2064 orang Belanda yang berusia 50 sampai 75 tahun. linknya http://1001-diet.blogspot.com/2011/06/manfaat-yogurt.html
      semoga membantu mel..

    • oh iya mel anda juga dapat melihat pada situs http://www.herbal.web.id/2012/09/manfaat-yoghurt-bagi-kestabilan-darah.html yang bersumber dari mediaindonesia.com bahwa Untuk menguji manfaat yoghurt dalam membantu menstabilkan darah, para peneliti mengikuti lebih dari 2.000 relawan yang tidak memiliki tekanan darah tinggi pada awal penelitian. Kemudian mereka mengukur konsumsi yoghurt relawan dengan mengisi kuesioner di interval tiga selama masa studi. Dilihat dari hasil penelitian, 31 persen relawan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan tekanan darah tinggi bila setidaknya 2 persen dari kalori harian mereka berasal dari yoghurt. Atau, setidaknya mengonsumsi satu cangkir (sekitar 6 ons) yoghurt rendah lemak setiap tiga hari. Selain itu, tekanan darah sistolik diketahui meningkat lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang tidak makan yoghurt.

      Dalam studi yang dipresentasikan pada sesi ilmiah American Heart Associations’s High Blood Pressure Research 2012 tersebut, disebutkan bahwa kurang mengonsumsi yoghurt dalam jangka panjang mungkin akan mengembangkan tekanan darah tinggi.

      Dari pemaparan peneliti, rata-rata dari mereka yang makan yoghurt memiliki tekanan darah sistolik lebih rendah dibanding mereka yang tidak makan yoghurt. Sebagai informasi, tekanan darah sistolik adalah tekanan darah pada saat terjadi kontraksi otot jantung.

  4. Penggunaan antibiotik umumnya untuk menyembuhkan penyakit – penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Namun, Anda menjelaskan bahwa antibiotik yang dihasilkan oleh yoghurt dapat melawan virus dan jamur. Dapatkah Anda jelaskan bagaimana mekanisme nya ?

    • nah buat rika, sebenarnya minum yoghurt setiap hari itu ga apa-apa ko asal sesuai takaran seperti yang dijelaskan dalam http://female.kompas.com/read/2011/05/16/11065751/Kiat.Diet.Sehat.dengan.Yogurt. Yogurt aman dikonsumsi setiap hari, dan bisa membantu program diet Anda. Kiatnya, konsumsi dua kali sehari, sebagai menu utama dan camilan di sela waktu makan. Makan yogurt saat sarapan atau makan malam, dengan takaran 200 miligram per sekali makan. Lalu makan satu kali lagi sebagai camilan per harinya, dengan takaran yang sama.
      Artinya, dalam satu hari, sebaiknya konsumsi 400 miligram yogurt. nah masalah minuman probiotik itu, rika sebenarnya yoghurt itu merupakan minuman probiotik juga, memang ada perbedaan dari segi bakteri antara yoghurt yang kental sama yang cair kya yakult itu, kalo yang saya baca yakult itu pake bakteri Lactobacillus casei, sebenarnya sama aja rika mao pilih yang mana, tapi jangan minum dua-duanya juga secara sekaligus, yang ada sistem pencernaan rika jadi lancar banget alias diare ringan, ok jadi sok terserah pilih yang mana tapi ingat jangan banyak-banyak seperlunya saja, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik loh..

    • Caranya ternyata sederhana saja isti yaitu:

      1. Sediakan susu murni segar. Susu murni segar ya, BUKAN susu dalam kemasan bebentuk bubuk, kental manis atau yang sudah di kemas dalam kotak karton. tapi kalo ga ada bisa pake susu segar yang dikotakan ko isti, yang UHT tuh tapi yang plain ya..
      2. Pasteurisasi / Sterilkan susu tersebut. Caranya, panaskan susu tersebut hingga suhu 73 derajat celcius selama 15 menit. Gunakan panci, kompor dan termometer dalam langkah ini. Pasteurisasi yoghut. Di panaskan dalam suhu 73 derajat celcius selama 15 menit

      3. Sekarang tahapan kulturisasi, atau dalam bahasa sederhananya: Masukkan bibit yoghurtnya. Yang dimaksud dengan bibit yoghurt disini ya yoghurt yang sudah jadi. Kombinasinya: Bibit yoghurt 5% dari jumlah susu. Jadi jika susu yang anda mau jadikan yoghurt adalah satu liter, masukkan 0.05 liter yoghurt yang sudah jadi kedalam susu yang sudah di pasteurisasi tersebut. Kotak inkubasi yoghurt. Buat dari kardus yang dillubangi, lalu di pasang bohlam.
      4. Tahapan selanjutnya: Inkubasi. Hangatkah susu yang sudah dikulturkan tersebut dalam suhu 45 derajat celcius selama 8 jam. Prakteknya seperti ini: Kardus, di tempeli lampu bohlam (yang diatur agar lampu bohlam tersebut bisa dinyalakan sehingga mampu memberikan kehangatan kepada susu tersebut) lalu di beri dua lubang untuk ventilasi. Masukan susu yang sudah di kulturkan ke dalam botol atau tupperware (aduh, jadi nyebut merek :P) lalu taruh di dalam kerdus tersebut selama 8 jam. Nyalakan lampunya selama susu berada di dalam kardus tersebut.
      5. Setelah, 8 jam? Yoghurt siap disantap! kalau kami biasa dinginkan dulu yoghurtnya di dalam kulkas agar lebih mantap :D, selamat mencoba..

      http://fikrirasyid.com/cara-membuat-yoghurt-sendiri-dan-membeli-yoghurt-buatan-sendiri/

  5. assalamu’alaikum tie
    hmm, gimana ya mekanisme bakteri yogurt bisa Mencegah timbulnya yeast Candida albicans pada wanita. maksudnya tar si bakteri baik melawan bakteri yang jahat. masalahnya kan bakteri jahat yang disebutkan tadi keberadaannya diluar tubuh, sedangkan bakteri baik yogurt dikonsumsi. mohon dijelaskan, syukron ya

    • walaikumsalam
      jadi begini zar Candida atau “yeast” vaginal infections adalah masalah umum yang dialami oleh wanita penderita diabetes. Dalam sebuah penelitian skala kecil, 7 wanita penderita diabetes dengan candidal vaginitis kronis mengkonsumsi 6 ons yogurt beku per hari (dengan atau tanpa active cultures).

      Meski para wanita tersebut kurang baik dalam mengontrol gula darahnya selama menjalani penelitian, namun vaginal pH (ukuran dari acidity atau basicity) dari mereka yang memakan yogurt dengan active cultures turun dari 6.0 menjadi 4.0 (pH normal adalah 4.0-4.5). Wanita-wanita ini juga melaporkan penurunan dalam infeksi candida.

      Sedangkan wanita yang memakan yogurt tanpa active cultures pH-nya tetap 6.0.
      itu yang muti baca dalam sebuah situs http://1001-diet.blogspot.com/2011/06/manfaat-yogurt.html

  6. Tapi memang benar mut, yogurt sangat bermnfaat sekali bagi tubuh kita.. Tapi menurut muti, yogurth-yogurt yang dijual dipasaran kan sudah sangat beraneka ragam nih,lantas cara memilih yogurt yang baik itu gimana sih? Apakah dari rasa,warna dll berpengaruh pada kualitas yogurt?

    • hari ini dia cara memilih yoghurt yang baik kalo kita mao beli yoghurt ( http://forum.viva.co.id/kesehatan/54617-produk-kesehatan-tips-memilih-yogurt-yang-baik.html)

      1. Kandungan kalori, saat ini produk yogurt tidak hanya dikemas dalam porsi kecil sekali makan tetapi juga dalam porsi besar untuk beberapa kali makan. Ada baiknya anda mulai memeriksa kandungan kalori yang terdapat dalam produk yogurt tersebut. Umumnya yogurt mempunyai kandungan 70-230 kalori untuk porsi seberat 4-8 ons.
      2. Kandungan gula, sangat jarang terkandung gula dalam seporsi yogurt. Ada baiknya anda melihat komposisi yang terkandung didalamnya, karena umumnya yogurt mempunyai rasa manis alami laktosa yang terdapat dalam produk susu.
      3. Kandungan kalsium, yogurt sangat baik sebagai pengganti susu apabila anak anda penderita Lactose Intolerance. Oleh karena itu, anda harus memilih produk yogurt yang memberikan kandungan kalsium tinggi. Yogurt sendiri mempunyai kandungan kalsium yang berbeda-beda, 10-40% kandungan kalsium terdapat pada yogurt.
      4. Kandungan lemak, walaupun tergolong makanan sehat, yogurt juga mengandung lemak. Untuk itu lihatlah komposisi lemak yang terkandung dalam produk yogurt tersebut, hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Pilihlah produk yogurt dengan kandungan lemak jenuh maksimal 2 gram untuk sekali saji.

      Itulah kandungan yogurt yang harus anda ketahui dan anda juga harus cermat mengenai pemanis, rasa dan pewarna buatan yang terkandung dalam sebuah produk yogurt karena tidak semuanya menggunakan bahan alami
      nah ri kalo utuk warna dan rasa sebenarnya yang perlu ditakutkan adalah jika warna dan rasa yang digunakan itu merupakan zat yang berbahaya bagi tubuh seperti pewarna yan bukan untuk makanan, mungkin hali itulah yang akan mempengaruhi kualitas yoghurt, selama yang digunakan masih zat alami itu tidak akan mempengaruhi ri, makanya beli yoghurtnya jangan sembarangan, baca tips diatas oke..

      • Maksih tips nya mutia, soalnya kita sebagai konsumen kan harus tetap tahu bahan yang terkandungpada makanan dan minuman yang kita minum, soalnya makanan yang kita makan dan minuman yang kita minum hari ini adalah investasi kita 5 atau 10 atau bahkan 50 tahun kedepan :)

        • iya sama-sama harry
          benar saudara harry, kata-kata anda super sekali, memang benar bahwa kita harus menjaga asupan makanan dan minuman kita agar kelak ketika tua nanti kita tidak terserang penyakit yang disebabkan pola hidup yang tidak sehat sewaktu muda

  7. yoghurt mengandung milyran lactobacillus yang dapat membantu sistem pencernaan tetapi pada usus manusia sendiri sudah terdapat banyak laktobasilus. Apakah lactobacillus dari yoghurt dapat bekerjasama dengan lactobacillus yang secara alami ada pada usus manusia?

    • benar sekali heni, bakteri pada yoghurt itu akan membantu menjaga keseimbangan mikroflora pada usus manusia sepewrti yang saya baca dalam situs berikut http://arifardiyansah.wordpress.com/2007/08/12/yogurt-susu-asam-berkhasiat%E2%80%8E/ bahwa Yogurt merupakan makanan hasil kerjasama dengan mikroorganisme. Tentu saja tidak sembarang mikroorganisme. Ada lima jenis bakteri yang ramah yang paling dikenal. Bakteri yang menguntungkan ini dikenal sebagai bakteri probiotik.. Diantaranya adalah: Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium bifidum, Lactobacillus casei, Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus. Dua bakteri terakhir adalah yang digunakan dalam pembuatan yogurt. Dua yang pertama hidup berdampingan dengan manusia dan saling membantu yang terdapat dalam usus manusia. Pada dasarnya kerja dua bakteri yogurt adalah menghasilkan asam laktat yang penting peranannya untuk menciptakan keseimbangan mikroflora usus. Keasaman yang dihasilkan mampu menghambat bakteri penyebab penyakit yang umumnya tidak tahan terhadap asam. Sementara bakteri lain yang memang seharusnya melimpah dirangsang untuk bertumbuh.

      • Nah ternyata Yogurt dibuat dengan bantuan dua jenis bakteri menguntungkan, satu dari keluarga lactobacillus yang berbentuk batang (Lactobacillus bulgaricus) dan lainnya dari keluarga streptococcus yang berbentuk bulat (Streptococcus thermophilus). Kedua bakteri yogurt ini merupakan bakteri penghasil asam laktat yang penting peranannya dalam pengaturan mikroflora usus. Saat bertumbuh di usus, Lactobacillus bulgaricus dan S. thermophilus mampu menciptakan keadaan asam yang menghambat bakteri lain. Bakteri penyebab penyakit yang umumnya tak tahan asam tak mampu bertahan di lingkungan bakteri yogurt. Sementara bakteri lain yang memang seharusnya melimpah dirangsang untuk bertumbuh. Sehingga mikroflora dalam usus didorong mendekati keadaan seimbang yang normal. Banyak penelitian menunjukkan bahwa bakteri dalam yogurt dan susu fermentasi ulain memberi ekstra manfaat bagi tubuh.

        http://lordbroken.wordpress.com/2012/06/18/proses-pembuatan-yogurt-yang-baik-dan-benar/

  8. sebelumnya mau komen nih :)
    komposisi dalam yoghurt itu apa saja sih??? dan mengandung apa saja ya??? sehingga terdapat bakteri yang menguntungkan yang disebut Lactobacillus bulgaricus? terimakasih muti

    • elisa, didalam yoghurt memang terkandung gula alami yaitu gula susu yang disebut laktosa. tetapi memang ada yoghurt yang menggunakan gula tambahan seperti sirup jagung yang tinggi fruktosa, nah kalo menurut situs http://log.viva.co.id/news/read/165184-7-cara-menemukan-yogurt-terbaik bahwa Jika Anda menemukan yogurt dengan dua gula tambahan, seperti sirup jagung yang tinggi fruktosa, lebih baik pilih jenis yogurt tanpa gula. Maksud tanpa gula disini yoghurt yang plain, yang gulanya cuma berasal dari gula susu atau laktosa yang itupun sudah difermentasi oleh bakteri baik pada yoghurt tersebut. nah untuk penderita diabetes yoghurt cukup baik elisa karena kandungan gula nya juga kan tidak terlalu tinggi seperti yang dilansir dalam http://www.go4healthylife.com/articles/3823/1/Yogurt-Mampu-kendalikan-Gula-Darah-Penderita-Diabetes/Page1.html bahwa menurut penelitian dari Iran mengkonsumsi yoghurt yang ditambahkan vitamin D dapat membantu penderita diabetes mengendalikan gula darahnya, tapi inget el jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya karena sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan dampak yang tidak baik.

    • jadi gini achla kalo kita mao pake yoghurt buat masker belinya yang tanpa rasa (plain) gtu, seperti yang dilansir dalam situs http://female.kompas.com/read/2010/05/04/17184066/manfaat.yoghurt.untuk.kecantikan bahwa Untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus, Anda bisa menggunakan masker yoghurt secara teratur. Caranya dengan mencampurkan yoghurt dengan satu sendok makan madu dan minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air hangat. Tapi bukan itu aja la, bisa juga buat rambut selengkapnya baca di situs yang muti kasih itu ya, selamat mencoba…

    • iya intan yoghurt memang dapat menurunkan berat badan dalam artian dapat menjadi alternative bagi orang yang sedang diet seperti yang dilansir dalam http://lovira.com/tips-menurunkan-berat-badan-konsumsi-yogurt/ bahwa Salah satu penelitian di Institut Massachusetts bahkan menggunakan tikus sebagai bahan uji coba. Ada dua tikus yang digunakan sebagai bahan pembanding. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tikus yang memakan yogurt nampak lebih kurus dari tikus yang diberi diet lain atau diet tanpa yogurt. Bulunya pun kelihatan bersih dibanding tikus tanpa yogurt. Para ahli berpendapat bahwa kemungkinan besar bakteri baik yang terdapat dalam yogurt dapat mengurangi berat badan. Selain itu dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa tikus yang diberi yogurt memiliki vitalitas yang tinggi. Bahkan dari berbagai penelitian lain ditemukan bahwa dengan makan yogurt setiap hari akan bagus untuk pencernaan selain untuk menurunkan berat badan.nah dalam diet yoghurt juga pilih yoghurt yang rendah kalori seperti yang dijelaskan dalam http://wolipop.detik.com/read/2012/09/05/101124/2008320/849/jenis-yoghurt-yang-aman-baik-dikonsumsi-saat-diet
      bahwa Nutrisi yang terkandung di dalam yoghurt tergantung dari jenis susu yang digunakan dalam pembuatan yoghurt. Jumlah kalori bisa bervariasi tergantung dari kandungan lemak di dalam susu. Misalnya saja, satu cangkir (200 gram) yoghurt yang terbuat dari susu kerbau mengandung 234 kalori. Ini lebih tinggi dibandingkan yoghurt dari susu sapi yang hanya mengandung 134 kalori. Jumlah kalori juga bisa berbeda jika terbuat dari susu kambing. Sebelum memilih yoghurt, selalu perhatikan komposisi dan angka kecukupan gizi pada tabel nutrisi di setiap kemasan produk.

  9. dalam beberapa artikel yoghurt bagus untuk diet, namun berapa jumlah maksimal kita mengkonsumsi yoghurt dalam sehari? apa bisa jika kita hanya mengkonsumsi yoghurt saja? apa efeknya?

  10. mut kan katanya enzim laktoperoksidase dalam youghourt memiliki antimikroba yah, tapi kenapa dalam youghourt sendiri terkandung mikroba yaitu seperti lactobacillus? sebenarnya ketika didalam youghurt mikroba2 tersebut masih hidup tidak sih?

    • jadi gini zilah, kalo enzim laktoperoksidase yang ada dalam yoghurt itu bersifat antimikroba bagi mikroba yang jahat yang menyebabkan bau mulut dan akumulasi plak pada gigi kita, nah kalo bakteri Lactobacillus itu kan bakteri baik yang membantu proses fermentasi dari yoghurt tersebut, makanya bakteri pada yoghurt itu hidup zil, kalo mati siapa donk yang memfermentasikannya? kan bakteri Lactobacillus bulgaricus itu yang mengubah gula susu atau laktosa menjadi asam laktat, untuk lengkapnya zilah bisa lihat http://m.oktomagazine.com/oktolifestyle/health/1662/hidup.bersama.yogurt

  11. nice muti.. ternyata bakteri yg di yogurt itu membantu untk menjaga kesehatan ya. oya muti, yogurt kan bisa mencegah osteoporosis,berarti aman ya jika di konsumsi oleh orang lanjut usia? lalu bgaimana mekanisme yogurt dalam hal mengobati kanker?

    • iya ka, yoghurt memang aman untuk dikonsumsi oleh segala usia termasuk orang lanjut usia, yoghurt dapat mencegah osteoporosis karena kandungan nutrisi didalamnya seperti yang dikatakan oleh Jeri Nieves, PhD, MS, direktur dari bone density testing di New York’s Helen Hayes Hospital bahwa Yogurt Mungkin Bisa Mencegah Osteoporosis) – “Nutrisi yang cukup berperan utama dalam pencegahan dan perawatan dari osteoporosis, dan micronutrients yang berperan paling penting adalah kalsium dan vitamin D,” lihat http://www.g-excess.com/34918/yogurt-mungkin-bisa-mencegah-osteoporosis/
      nah untuk yoghurt sebagai pencegah kanker kamu dapat lihat di http://www.renik.4t.com/artikel09.htm jadi yoghurt itu akan mengaktifkan enzim pada usus dan mencegah senyawa kimia penyebab kanker, seperti itu kurang lebihnya anggun

  12. Enzim laktoperoksidase yang terkandung dalam yoghurt memiliki aktivitas antimikroba dan biasa digunakan sebagai anti karies dalam pasta gigi.
    yg mw sya tanyakan anti karies tu maksudY ap???????yg kaya giman?????

  13. yoghurt juga dapat menghilangkan bau mulut seperti yang dijelaskan pada http://health.kompas.com/read/2012/07/27/16343517/Yoghurt..Solusi.untuk.Napas.Tak.Sedap
    Yoghurt mengandung probiotik yg diyakini dapat menetralkan bau napas tidak sedap. Menurut Robert Meltzer, MD, dokter spesialis pencernaan yang berbasis di Lenox Hill Hospital, New York City, “Yoghurt memang tidak berefek apa pun pada bakteri di lidah. Tapi, yoghurt ternyata memiliki efek menetralkan asam yang ada di antara mulut dan perut, termasuk di tenggorokan belakang dan kerongkongan.”
    Dokter gigi asal Ohio, Matthew Messina, DDS menyatakan bahwa memang yoghurt dapat menghilangkan bau mulut tetapi tidak dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kerusakan hati atau penyakit paru-paru,
    banyak manfaat yg dihasilkan oleh yoghurt untuk tubuh kita :)

    • wah, terima kasih sekali untuk tambahan informasinya saudari dira, ya itulah yoghurt minuman yang menyimpan segudang manfaat, semoga tambahan info dari saudari dira bisa bermanfaat untuk kita semua..

  14. its good article.
    tapi mut..leli suka denger istilah dari jenis yoghurt seperti set yoghurt, stir yoghurt dan drink yoghurt.
    mohon infonya mengenai jenis-jenis yoghurt tersebut ya mut.
    lalu adakah perbedaan kandungan diantara ketiganya? :)

  15. artikel yang sangat informatif nih muti,,, benar sekali bahwa yogurt itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, sebagai tambahan saja ternyata yogurt ini jauh lebih baik dari pada susu segar karena susu segar sangat mudah rusak (basi-asam) oleh mikroorganisme, karena kandungan gizinya yang tinggi. Yogurt tahan hingga beberapa hari pada suhu ruang, bahkan tahan beberapa minggu jika disimpan dalam lemari pendingin. Asam laktat yang dihasilkan mikroorganisme dalam yogurt akan menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk yang umumnya tidak tahan asam. Jadi asam laktat sendiri berfungsi sebagai pengawet alami dalam yogurt. ini ada link yang merujuk pada manfaat dan kelebihan dari yogurt semoga dapat bermanfaat,,, http://arifardiyansah.wordpress.com/2007/08/12/yogurt-susu-asam-berkhasiat%E2%80%8E/
    sebelumnya terimakasih mutia,, atas informasi dari artikelnya,, :)

  16. mutiiii artikelnya bagus. baru tau kalo yoghurt bisa mencegah tumor. tapi apakah yoghurt tidak bisa menyembuhkan tumor juga mut? selain itu, bagaimana dengan para penderita maag yang katanya lambung mereka kurang bersahabat dengan yoghurt karena keasamannya?

  17. muti,, mau tanya,, dalam mengkonsumsi yoghurt itu ada batasan minimal umur ga sih?hehe soalnya gw pernah liat deket rumah gw ada anak bawah lima tahun itu ya sekitar 4 th umurnya udah dikasih minuman yogurt gitu,,tapi dia ga kenapa2,, haha mohon penjelasannya?apakah baik tu mut buat kesehatan dia?

    • pada dasarnya semua yoghurt bermanfaat saudara didi, akan tetapi berhati-hati juga karena takutnya ada penjual yoghurt nakal yang menaruh zat-zat kimia berbahaya seperti pewarna sintetik untuk yoghurtnya, lalu untuk memilih yoghurt sebaiknya cari yoghurt yang mengandung gula alami, seperti penjelasan saya sebelumnya sewaktu ada yang menanyakan tentang tips memilih yoghurt bahwa ada juga yoghurt yang mengandung gula tambahan seperti sirup jagung, nah saran saya anda lebih baik membeli yoghurt yang plain atau yang sudah ada rasa buah-buahannya, terus pilih juga yang rendah kalori, silahkan anda lihat dibagian komposisi pada saat membeli yoghurt.
      untuk bakteri, bakteri pada yoghurt memang bakteri baik yang sengaja dimasukkan untuk memfermentasi gula susu menjadi asam laktat saudara didi, jadi tidak ada yang tidak bermanfaat, seperti itu..

    • sebenarnya sama saja saudari nurul suwarni, baik yoghurt ataupun yakult sama-sama merupakan minuman yang terbuat dari susu yang difermentasikan, hanya saja produk yakult menggunakan bakteri Lactobacillus casei Shirota strain, strain yang ditambahkan pada yakult ini mungkin yang membedakannya dari yoghurt. Kalau yoghurt itu kan biasanya menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, mungkin dari segi bakterinya ya saudari nurul yang membedakan, terus juga kalau yakult itu kan dibuat cair sedangkan yoghurt kental karena biasanya yoghurt itu suka digunakan untuk campuran makanan lagi, seperti itu nurul..

    • iya ahmad, sebenarnya yoghurt memang sering digunakan bagi orang yang sedang diet karena menurut http://kesehatan.kompas.com/read/2010/07/16/13445245/Yogurt.Meluruhkan.Lemak. Bahwa penelitian awal yang dilakukan Michael Zemel PhD, peneliti dari Universitas Tennessee menyajikan data minuman yoghurt dapat melangsingkan bentuk tubuh. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 34 orang penderita kegemukan atau obesitas pada program diet rendah kalori. Sebanyak 16 dari mereka diminta untuk mengonsumsi pil diet yang mengandung 400 hingga 500 mg kalsium per hari. Sedangkan 18 orang lainnya mengonsumsi kalsium tinggi diantaranya yogurt yang mengandung 1100 mg kalsium per hari.

      Setelah 12 minggu penelitian ditemukan lemak perut mereka menyusut. Namun pada responden dari kelompok yang minum yogurt, penyusutan lemaknya lebih tinggi, yakni 5 kilogram lemak, sedangkan kelompok pil diet hanya 3 kilogram.

      Dalam penelitian Zemel diketahui kalsium terutama yang berasal dari kalsium produk susu rendah lemak dapat memperlambat proses terjadinya lemak tubuh sehingga disarankan bagi mereka yang tengah menjalankan program diet. Selain itu yogurt bukan saja membantu menghilangkan lemak perut sehingga menurunkan berat badan tapi juga yogurt menjaga berat otot dua kali lipat lebih efektif.
      mungkin karena yoghurt juga rendah kalori mad dan bikin pencernaan jadi lancar makanya bisa menurunkan berat badan kita

    • terima kasih saudari nunu atas tambahan infonya, iya memang betul bahwa masih banyak manfaat lain dari yoghurt, untuk teman-teman yang mengetahui manfaat lain dari yoghurt silahkan jika ingin menambahka, terima kasih..

    • wah pertanyaannya sama seperti apa yang ditanyakan suadara reinaldi tuh sofyan, tenang aja aman ko kawan, pasti pada punya adik ya makanya nanya seperti itu, aman ko sofyan tapi untuk anak kecil itu takarannya jangan banyak-banyak, jangan disamakan dengan orang dewasa soalnya yoghurt itukan cukup asam kalo kita orang dewasa sudah biasa makanan yang asam-asam kalau anak kecil takutnya belum terbiasa, nah untuk linknya silahkan dilihat dicomment saya untuk saudara reinaldi ya..

  18. nice artikel muti :).
    lebih baik yoghurt tanpa rasa atau dengan rasa? apa ada perbedaan di antara keduanya mengenai manfaatnya? apa penambahan rasa bisa mempengaruhi niat dan tujuan dari si yoghurt ini?

    • iya ka marlin, mungkin kalo ditambahkan rasa itu berarti kan ada tambahan gula yang masuk pada yoghurt itu, misalnya jika ditambahkan sirup jagung maka jumlah kadar gula akan lebih meningkat, kalao untuk penderita diabetes itu kan jumlah kadar gula pada makanannya harus rendah, jadi saya sarankan lebih baik beli yoghurt yang plain saja lalu ditambahkan potongan buah-buahan sendiri itu akan jauh lebih menyehatkan ka, karena buahan-buahan juga kan banyak mengandung vitamin, nah atau ga beli yoghurtnya yang rasa buah juga tidak apa-apa ko sama saja, tergantung kita suka yang mana yang plain atau yang ada rasanya, mungkin jika ada rasanya akan ada tambahan gula didalamnya dan juga tambahan aroma dari si perasa itu

    • setau saya ka, biasanya masker dari yoghurt yang digunakan adalah yoghurt yang plain ka seperti yang dilansir dalam situs http://female.kompas.com/read/2010/05/04/17184066/manfaat.yoghurt.untuk.kecantikan bahwa Untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus, Anda bisa menggunakan masker yoghurt secara teratur. Caranya dengan mencampurkan yoghurt dengan satu sendok makan madu dan minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air hangat.Mungkin ka kenapa harus pake yang plain karena nantinya itu akan ditambah dengan minyak zaitun dan madu, info lengkapnya lihat di link yang saya kasih ya ka..

    • saya juga baru tau masalah itu dania, ternyata dari link yang kamu kasih dan telah saya baca kalo yoghurt yang rendah lemak dikonsumsi ibu hamil membuat si bayi dalam kandungannya jadi rentan untuk menghadapi alergi, dalam artian mudah terserang alergi terhadap sesuatu, silahkan kamu baca lagi pada link yang kamu kasih ke aku ya, terima kasih juga atas infonya

    • makasih arum..
      iya arum yoghurt memang dapat menurunkan berat badan dalam artian dapat menjadi alternative bagi orang yang sedang diet seperti yang dilansir dalam http://lovira.com/tips-menurunkan-berat-badan-konsumsi-yogurt/ bahwa Salah satu penelitian di Institut Massachusetts bahkan menggunakan tikus sebagai bahan uji coba. Ada dua tikus yang digunakan sebagai bahan pembanding. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tikus yang memakan yogurt nampak lebih kurus dari tikus yang diberi diet lain atau diet tanpa yogurt. Bulunya pun kelihatan bersih dibanding tikus tanpa yogurt. Para ahli berpendapat bahwa kemungkinan besar bakteri baik yang terdapat dalam yogurt dapat mengurangi berat badan. Selain itu dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa tikus yang diberi yogurt memiliki vitalitas yang tinggi. Bahkan dari berbagai penelitian lain ditemukan bahwa dengan makan yogurt setiap hari akan bagus untuk pencernaan selain untuk menurunkan berat badan.nah dalam diet yoghurt juga pilih yoghurt yang rendah kalori seperti yang dijelaskan dalam http://wolipop.detik.com/read/2012/09/05/101124/2008320/849/jenis-yoghurt-yang-aman-baik-dikonsumsi-saat-diet
      nah, kalo minum yoghurt juga jangan kebanyakan rum karena nanti dapat menyebabkan diare ringan, seperti yang kita ketahui bahwa sesuatu yang berlebihan tidak baik.

  19. ok, artikelnya bagus dik, menambah wawasan.. memang secara logika kita akan berpikir ” jika bakteri pada yoghurt tidak baik dan menimbulkan penyakit, tentunya tidak akan dipakai untuk pembuatan bahan pangan yang dikonsumsi manusia”
    dan artikel kamu menjelaskannya dengan rinci dik, makasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s